Selasa, 19 Februari 2013

TIPS MEMBICARAKAN SEKS YANG TEPAT PADA ANAK


TIPS MEMBICARAKAN SEKS YANG TEPAT KEPADA ANAK

Mendiskusikan soal seks pada anak sejak dini lebih baik untuk perkembangan si anak. 
Meskipun anak Anda belum pernah melakukan seks, tidak perlu ragu dan tabu untuk membicarakan masalah seks kepadanya sejak dini. Ada baiknya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda membahas soal seks pada mereka.
 

Jangan katakan pernyataan yang tidak benar

Katakan padanya bahwa berhubungan seks itu tidaklah benar terlebih di usianya yang masih muda. Mengingat banyak fakta menakutkan di balik hubungan seks usia muda. Setiap tahun, 2,6 juta remaja berhubungan seksual sebelum usianya, dan satu dari 13 remaja di Amerika Serikat mengalami hamil di luar nikah. Pastikan mereka mengetahui dengan  baik, informasi tentang bahaya kencan dan seks untuk membantu mencegah mereka hamil di usia muda. 

Buka diskusi tentang seks bersama anak Anda

Anak Anda mungkin telah memperoleh pengajaran tentang seks di sekolah. Nah, inilah saat yang tepat untuk membuka diskusi bersama anak Anda tentang bahaya seks. Ada baiknya Anda juga tidak perlu bertele-tele menjelaskan tentang fungsi organ tubuh serta bahayanya jika mereka tidak menjaga dengan baik. Jelaskan juga kepada mereka bahwa seks bukanlah suatu tren yang harus diikuti. Jangan melakukan itu karena dorongan teman. Ketika berbicara padanya,jangan seperti sedang menggurui dan tawarkan pada mereka untuk selalu diskusi atau curhat pada Anda tentang masalah ini. 

Waspada terhadap pengaruh Internet

Hampir semua remaja tahu dan sering menggunakan internet. Tentu, menggoda dan kencan secara online cukup sering dilakukan oleh remaja. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa itu menjadi sebuah tren di kalangan remaja hari ini untuk mengirim pose telanjang mereka melalui pesan telepon, video, atau gambar instan. Meskipun anak Anda tidak terlibat dalam pergaulan yang seperti ini, ada baiknya untuk berhati-hati dan memberitahukan kepada mereka bahaya dari internet. Biarkan mereka tahu kegunaan dari internet dan apa yang seharusnya dilakukan melalui media tersebut. Karena, banyak orang yang mengakses internet termasuk teman-teman mereka, teman orang tua sampai guru-guru mereka. Salah-salah memposting sesuatu di internet membuat mereka bahaya. 

Menetapkan standar tinggi

Walaupun anak Anda bertingkah seperti pemberontak, tetapi mereka tetap menjadikan Anda role model dan pemimpin mereka. Tak jarang mereka akan datang pada Anda untuk menjadi teman curhat terutama soal hubungan. Adalah penting bagi Anda untuk menetapkan standar hubungan yang baik untuk anak Anda jika mereka menjalin hubungan. Sebagai contoh, hubungan itu harus  meminimalkan pertengkaran, memaksimalkan komunikasi, dan jangan sampai ada kata-kata kasar. Berikan contoh pada anak Anda tentang nilai-nilai inti dari hubungan yang abadi, melalui rasa saling menghormati, kompromi, dan cinta.

Sumber : BeritaSatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar